• Layanan Panggilan

    0812-2255-4492

  • WhatsApp

    0838-2002-2575

  • Layanan Pesan

    B575@asia.com

[ads-post]

Pengertian pemasok, Supplier

Pemasok yang biasanya disebut juga dengan supplier atau vendor adalah individu atau perusahaan (baik dalam skala besar atau kecil) yang memiliki kemampuan untuk menyediakan kebutuhan individu atau perusahaan lain.

Istilah pemasok sering kali kita dengar, terutama dalam pembicaraan seputar proses pengadaan barang dan jasa. Selain disebut dengan pemasok, istilah lain yang biasa digunakan adalah vendor atau supplier. Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan pemasok, vendor atau supplier dalam dunia usaha? Mari kita coba bahas dengan bahasa yang tidak rumit.

Definisi Pemasok

Pemasok yang biasanya disebut juga dengan supplier atau vendor adalah individu atau perusahaan (baik dalam skala besar atau kecil) yang memiliki kemampuan untuk menyediakan kebutuhan individu atau perusahaan lain.

Contoh:
Petani kapas, menghasilkan kapas yang dibutuhkan sebagai bahan baku kain.
Pabrik kain, menghasilkan kain yang dibutuhkan sebagai bahan baku pakaian.
Penjahit, menghasilkan pakaian yang dibutuhkan oleh konsumen.

Pada contoh diatas, untuk menghasilkan pakaian, bahan baku dasar yang dibutuhkan oleh penjahit adalah kain. Darimana kain diperoleh? Tentu saja dari pabrik kain. Sehingga pabrik kain dapat dikatakan sebagai pemasok bahan baku kain bagi penjahit. Begitu pula pabrik kain, tidak dapat menghasilkan kain apabila tidak memiliki bahan baku berupa kapas, oleh karena itu petani kapas dapat dikatakan sebagai pemasok bagi pabrik kain.

Saling membutuhkan antara satu dan lainnya dapat terlihat pada contoh diatas. Sama halnya dengan rantai makanan, situasi ini dapat disebut dengan rantai pasok. Apabila terdapat satu mata rantai yang tidak berfungsi maka akan sangat mempengaruhi keberadaan industri tersebut secara keseluruhan.

Kategori Pemasok

Dalam dunia usaha, pemasok dapat dikategorikan dalam 2 jenis:
1. Pemasok Barang
Individu atau perusahaan yang menghasilkan produk jadi berupa barang.
Contoh: Pabrik kain, akan membutuhkan mesin yang dapat menghasilkan kain. Untuk itu, diperlukan perusahaan lain yang dapat menghasilkan mesin penghasil kain sebagai pemasok.
2. Pemasok Jasa
Individu atau perusahaan yang memberikan bantuan tidak dalam bentuk barang jadi, tetapi dalam bentuk keahlian yang dimiliki.
Contoh: Untuk mengirimkan kain kepada penjahit maka dibutuhkan jasa pengiriman barang. Individu atau perusahaan yang memiliki keahlian dalam mengirimkan barang tersebut merupakan pemasok jasa.
Reaksi:
Anda sedang membaca Artikel tentang Pengertian pemasok, Supplier, Dapatkan Update Artikel Terbaru dari B575 ID, Segera Gabung bersama ratusan orang secara gratis untuk mendapatkan informasi artikel terbaru dari B575 ID langsung ke email kamu.

Posting Komentar

B575 ID

{facebook#http://facebook.com/B575ID} {twitter#http://twitter.com/B575ID} {google-plus#https://google.com/+B575Idcollection} {instagram#http://instagram.com/b575id}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget