• Layanan Panggilan

    0812-2255-4492

  • WhatsApp

    0838-2002-2575

  • Layanan Pesan

    B575@asia.com

[ads-post]

Perangkat Penyimpanan komputer

Perangkat Penyimpanan

PERANGKAT PENYIMPANAN (STORAGE DEVICE)

Komputer memiliki dua alternatif untuk menyimpan data, yaitu pada memori dan pada media penyimpan. karena kapasitas atau kemampuan dari memori komputer untuk menyimpan data sangat terbatas, maka untuk menyimpan data yang bersifat tetap diperlukan media penyimpan data yang lain. Berikut ini akan dijelaskan beberapa contoh dari media penyimpanan data.

1.      Disket



Disket (floppy disk) adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang. media penyimpanan ini menggunakan lempengan plastik yang dilapisi dengan partikel-partikel oksida besi. Disket mampu menyimpan data sebesar 1,44 megabyte atau setara dengan tulisan sebanyak 400 halaman.


2.      Hard Disk


Harddisk merupakan media penyimpan yang didesain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Hal ini dilatar belakangi adanya program aplikasi yang tidak memungkinkan berada dalam 1 disket dan juga membutuhkan media penyimpan berkas yang besar misalnya database suatu instansi.  Tidak hanya itu, harddisk diharapkan juga diimbangi dari kecepatan aksesnya. Kecepatan harddisk bila dibandingkan dengan disket biasa, sangat jauh. Hal ini dikarenakan harddisk mempunyai mekanisme yang berbeda dan teknologi bahan yang tentu saja lebih baik dari pada disket biasa.
Bila tanpa harddisk, dapat dibayangkan betapa banyak yang harus disediakan untuk menyimpan data kepegawaian suatu instansi atau menyimpan program aplikasi. Hal ini tentu saja tidak efisien. Ditambah lagi waktu pembacaannya yang sangat lambat bila menggunakan media penyimpanan disket konvensional tersebut.

3.      Magnetic Tape

Magnetic tape merupakan media untuk perekaman magnetik, terbuat dari lapisan tipis magnet pada strip, panjang dan sempit dari plastik. Ini dikembangkan di Jerman, berdasarkan rekaman kawat magnetik. Perangkat yang merekam dan memutar ulang audio dan video menggunakan pita magnetik tape recorder dan perekam video tape. Sebuah perangkat yang menyimpan data komputer pada pita magnetik adalah tape drive (unit tape, pita).
4.      CD-R (Compact Disk Recordable)
CD-R adalah singkatan dari istilah bahasa Inggris Compact Disc-Recordable) merupakan jenis cakram padat yang dapat diisi dengan data. salah satu jenis media penyimpanan eksternal pada komputer. Secara fisik CD-R merupakan CD polikarbonat kosong berdiameter 120 mm sama seperti CD ROM. Awalnya CD-R dilapisi emas sebagai media refleksinya.



Permukaan reflektif pada lapisan emas tidak memiliki depresi atau lekukan – lekukan fisik seperti halnya pada lapisan aluminium kemudian disempurnakan dengan cara dengan menambahkan lapisan pewarna di antara polikarbonat dan lapisan emas. CD-R hanya dapat menyimpan satu kali saja dan data yang telah ada sebelumnya tidak dapat diubah atau dihapus.
5.      CD-RW (Compact Disk Rewriteable)
CD-R bisa tulis ulang (bahasa Inggris: Compact Disc-ReWritable) CD-RW adalah CD-ROM yang dapat ditulisi kembali. CD-RW menggunakan media berukuran sama dengan CD-R. tetapi bukan menggunakan bahan pewarna cyanine atau pthalocyanine, CD-RW menggunakan logam perpaduan antara perak, indium, antimon, dan telurrium untuk lapisan perekaman.
Kandar CD-RW menggunakan laser dengan tiga daya yang berbeda. Pada daya yang tinggi, laser melelehkan logam paduan, yang mengubahnya dari kondisi kristalin reflektivitas tinggi menjadi kondisi amorf refletivitas agar menyerupai sebuah pit. Pada daya sedang, logam paduan meleleh dan berubah kembali dalam kondisi kristalin alamiahnya untuk menjadi land lagi. Pada daya rendah, keadaan/kondisi material ditelaah (untuk pembacaan), tetapi tidak ada transisi fase yang terjadi.
6.      flash disk
Flashdisk adalah merupakan suatu alat penyimpanan data yang ketahanannya tidak terlalu lama, kenapa demikian? selama ini kita selalu mengandalkan flashdisk untuk penyimpanan data-data yang di anggap penting. Padahal flashdisk merupakan alat penyimpanan data yang sangat mudah terserang virus. disamping itu juga flashdisk sangat mudah rusak. Kebanyakan perusahaan komputer yang menjual flashdisk hanya memberikan garansi kepada para pembelinya maksimal 1 (satu) tahun, hal ini membuktikan bahwa daya tahan produk yang satu ini kurang lebih 1(satu) tahun.
Anda sedang membaca Artikel tentang Perangkat Penyimpanan komputer, Dapatkan Update Artikel Terbaru dari B575 ID, Segera Gabung bersama ratusan orang secara gratis untuk mendapatkan informasi artikel terbaru dari B575 ID langsung ke email kamu.

Posting Komentar

B575 ID

{facebook#http://facebook.com/B575ID} {twitter#http://twitter.com/B575ID} {google-plus#https://google.com/+B575Idcollection} {instagram#http://instagram.com/b575id}

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget